Tuesday, July 23, 2019

KARTUL MEEE



DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE 
TERHADAP SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL JAKARTA
Karya Tulis 
Diajukan untuk memenuhi salah satu profil  lulusan SMP Labschool JakartaDisusun Oleh 
Nama                      : Keefe Razzaq Rachmayanto
NISN                      : 0054107350/6854   
Kelas                      : VIII F

SMP LABSCHOOL JAKARTA
BADAN PENGELOLA SEKOLAH
LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Maret 2019
LEMBAR PERSETUJUAN




Karya tulis ilmiah yang disusun oleh:

Nama   :Keefe Razzaq Rachmayanto

Kelas   : 8F

Judul   : DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL JAKARTA

Telah melalui tahap pembimbingan sesuai dengan ketentuan dan memenuhi kriteria karya tulis ilmiah yang siap dipresentasikan dalam sidang karya tulis ilmiah.

Mengetahui,                                                Jakarta, 20 Maret 2019
Wali Kelas                                                  Guru Pembimbing







          Dra. Siti Johariyah                                      Abdul Fathir Faruqi, S.Pd












KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik, yang merupakan bagian dari kewajiban yang harus dilaksanakan oleh penulis untuk memenuhi salah satu profil kelulusan SMP Labschool Jakarta,  dengan judul “DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONEBAGI SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL JAKARTA” .
            
Untuk menyelesaikan karya tulis ini adalah suatu hal yang mustahil apabila penulis tidak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.  Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.    Orang tua dan kakakku tercinta atas kasih sayang, dukungan, dan bantuannya selama penulis mengerjakan karya tulis ini.
2.    Bapak Drs. Asdi Wiharto selaku kepala sekolah SMP Labschool Jakarta.
3.    Bapak Murdha Nugraha, S.Pd. dan Ibu Dra. Khoirunnisa Parindury selaku penguji karya tulis.
4.    Ibu Dra. Siti Johariyah selaku wali kelas VIII F.
5.    Bapak Abdul Fathir Faruqi, S.Pd. selaku guru pembimbing yang membimbing dan memberi masukan dalam penulisan karya tulis ini.
6.    Bapak Wahyudi, S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia yang membimbing dalam teknik penulisan
7.    Pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan karya tulis ini yang masih jauh dari sempurna.  Penulis berharap karya tulis ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dampak penggunaan smartphone. 
Jakarta, 20 Maret 2019
Penulis


Keefe Razzaq Rachmayanto














DAFTAR ISI

SAMPUL ………………………………………………………………………… i
LEMBAR PENGESAHAN .…………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. v
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………... vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ………………………………………………………. 1
1.2  Perumusan Masalah …………………………………………………. 3
1.3  Pembatasan Masalah ………………………………………………… 3
1.4  Tujuan Penelitian ……………………………………………………. 4
1.5  Teknik Pengumpulan Data ………………………………………….. 4
BAB II PEMBAHASAN
            2.1 Definisi Smartphone ………………………………………………… 5
            2.2 Sistem Operasi dan Fitur Smartphone ………………………………. 6
            2.3 Jenis-jenis Smartphone ........................................................................ 8
            2.4 Siswa SMP …………………………………………………………... 9
            2.5 Penggunaan Smarthpone bagi Siswa SMP Labschool Jakarta ……… 9
            2.6 Dampak Positif dan Dampak Negatif Penggunaan Smartphone…... 10
                        2.6.1 Dampak Positif …………………………………………… 11
                        2.6.2 Dampak Negatif ………………………………………….. 12
            2.7 Hasil Penelitian Dampak Smartphone terhadap Siswa-siswi SMP
                  Labschool Jakarta ………………………………………………….. 14
            2.8 Pembahasan Angket Dampak Smartphone terhadap Siswa-siswi
                  SMP Labschool Jakarta ……………………………………………. 19
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan ………………………………………………………… 22
            3.2 Saran ……………………………………………………………….. 22
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………. 24
LAMPIRAN …………………………………………………………………… 25
DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Jumlah smartphoneyang dimiliki responden ……………………….. 15
Tabel 2.2 Perbandingan mendahulukan smartphone dan mengerjakan tugas …. 15
Tabel 2.3 Timbul perasaan cemas ketika tidak menggunakan smartphone …….16
Tabel 2.4 Penggunaan smartphone lebih dari 2 jam pada hari sekolah yang 
                Dapat melupakan kegiatan lain ……………………………………… 16
Tabel 2.5 Pengaruh positif smartphone terhadap prestasi belajar siswa ……….  17
Tabel 2.6 Pembatasan waktu penggunaan smartphonedi rumah oleh orang tua  17
Tabel 2.7 Jenis-jenis media sosial yang digunakan siswa SMP Labschool ……. 17
Tabel 2.8 Peranan smartphonedalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah
                atau tugas sekolah …………………………………………………… 18
Tabel 2.9 Kegiatan yang lebih disukai oleh responden antara bermain bersama
                teman/tetangga atau bermain game di smartphone …………………. 18

























BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang
      Di era digital seperti sekarang ini teknologi semakin mengalami kemajuan sehingga akan terasa hampa jika seseorang tidak memiliki handphone, karena kebutuhan manusia pada zaman modern sudah sangat komplek, jarak jauh bukan lagi halangan untuk bisa terhubung satu sama lain, handphonedengan kecanggihannya mampu menghubungkan satu sama lain tanpa batasan waktu dan tempat yang berjauhan. 
      Handphoneadalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional namun dapat dibawa kemana-mana. Martin Cooper adalah penemu telpon genggam yang` pertama. Ia adalah seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973. Ide yang dicetuskan Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. 
            Di tahun 1985 – 1992 ponsel mulai beredar di Indonesia, namun tidak bisa dimasukan ke dalam saku baju karena bentuknya yang besar dan panjang dengan berat rata-rata hampir setengah kilogram. Harga ponselnya juga tidak murah, berkisar diatas 10 juta rupiah. Di akhir tahun 1993 PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital Global System for Mobile(GSM), dimulai di dua pulau, yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan. Di tahun 1994 PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama di Indonesia, dengan mengawali kegiatan operasinya di Jakarta dan sekitarnya. GSM menggunakan kartu SIM (Subscriber Identity Module) yaitu kartu seukuran semut yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Karenanya, aman dari penggandaan dan penyadapan serta mutu prima dan jangkauan luas. 
Layanan pesan singkat atau SMS (Short Message Service) mulai diperkenalkan pada Desember 1992 dan menjadi fenomena di kalangan pengguna ponsel, karena sangat praktis dan murah biayanya. Di era ini, tonggak smartphonemulai tertancap di dunia seluler. Adalah IBM Simon yang disebut-sebut sebagai smartphonepertama di dunia. Handphone ini bisa berfungsi sebagai telepon, pager, mesin fax, dan PDA (Personal Digital Assitant) yang mampu mengirim dan menerima e-mail serta dapat mengedit dokumen. Ponsel umumnya digunakan untuk menelpon, sedangkan PDA bisa digunakan untuk semacam asisten digital pribadi atau digital organizer.
Dari segi teknologi, perbedaan antara smartphonedan handphonesangat jauh.  Kemampuan smartphonemencakup semua layanan yang ada pada handphone. Bahkan kemampuan smartphonedewasa ini sebanding dengan komputer. Kita dapat menambahkan fitur-fitur pada smartphonedengan menginstall aplikasi-aplikasi sesuai dengan keinginan.  Papan ketik yang digunakan smartphonelebih mudah untuk digunakan karena menggunakan model QWERTY dan untuk masalah akses internet, kita cukup menekan satu tombol untuk mengaktifkannya. Dari sisi penggunaannya smartphonelebih boros, karena proses yang dijalankan lebih banyak dibandingkan handphoneutamanya apabila kita mengaktifkan fitur internet.
Karena kemajuan teknologi ini, siswa-siswi SMP Labschool Jakarta semakin bergantung pada teknologi, dan smartphone adalah salah satunya. Secara umum hal ini memberikan dampak terhadap siswa-siswi baik positif maupun negatif seperti malasnya siswa-siswi dalam membaca buku karena mereka dapat dengan mudah memperoleh informasi melewati internet. Tapscotts mengatakan, remaja sekarang dapat disebut sebagai generasi internet atau net generation.
Berdasarkan uraian diatas, penulis memilih topik “Dampak Penggunaan SmartphoneTerhadap siswa-siswi SMP Labschool Jakarta” untuk dibahas dalam karya tulis ilmiah ini karena melihat banyaknya perkembangan yang pesat pada smarthphone yang berdampak positif maupun negatif.

1.2Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1.    Apa arti dari smartphone ?
2.    Bagaimana perkembangan smartphone dari tahun ke tahun?
3.    Sebutkan dan jelaskan macam – macam dari smartphone?
4.    Bagaimana dampak positif dari smartphoneterhadap kehidupan manusia?
5.    Bagaimana dampak negatif dari smartphone terhadap kehidupan manusia?
6.    Bagaimana cara mengurangi dampak negatif dari smartphoneterhadap kehidupan manusia?

1.3Pembatasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, penulis membatasi masalah dalam karya tulis ini seputar adakah dampak negatif dari smartphone. Berdasarkan uraian diatas, penulis memilih topik “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap siswa-siswi SMP Labschool Jakarta” untuk dibahas dalam karya tulis ilmiah ini karena melihat banyaknya perkembangan yang pesat pada smarthphone yang berdampak positif maupun negatif.

1.4Tujuan Penelitian
1.    Untuk mengetahui perkembangan smartphone
2.    Untuk mengetahui macam – macam jenis smartphone
3.    Untuk mengetahui dampak positif dari smartphoneterhadap kehidupan manusia
4.    Untuk mengetahui dampak negatif dari smartphoneterhadap kehidupan manusia
5.    Untuk mengetahui cara mengurangi dampak negatif dari smartphone terhadap manusia 

1.5Teknik Pengumpulan Data
Metode penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini berupa angket (kuesioner) yang mana penulis mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden. Angket ini digunakan untuk memperoleh informasi dari responden mengenai dampak negatif dari penggunaan smartphone.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi Smartphone
Smartphoneadalah sebuah telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur yang mutakhir dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer.
Smartphonedapat juga diartikan sebagai sebuah telepon genggam yang bekerja dengan menggunakan perangkat lunak sistem operasi (OS) yang menyediakan hubungan standard dan mendasar bagi pengaembang aplikasi.
Ada juga yang mendefinisikan smartphonesebagai sebuah telepon genggam pintar yang memiliki fitur canggih seperti email, internet, pembaca ebook, dan lainnya. Singkatnya, smartphonemerupakan komputer kecil yang memiliki kemampuan sebuah telepon. 
Siapa yang tidak kenal dengan smartphonealat gadget yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan jarak jauh dan bisa digunakan untu mencari berbagai informasi dengan cepat seperti dengan adanya internet, medsos, dan yang lainnya yang tentunya sangat membantu bagi anak pelajar.
Agar lebih memahami apa arti smartphone, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli.  Berikut ini adalah definisi smartphonemenurut para ahli:
1.     David Wood 
Menurut David Wood, smartphoneadalah handphonecerdas yang memiliki kelebihan dibanding alat telekomunikasi lain

Kelebihannya terlihat dari proses pembuatannya dan proses penggunaannya.
2.    William dan Sawyer 
Menurut William dan Sawyer definisi smartphoneadalah telepon selular yang memakai beberapa layanan seperti layar, mikroprosesor, memori, dan modem bawaan. Dengan begitu, smartphonememiliki fitur yang lebih lengkap dbandingkan handphonebiasa.
3.    Ridi Ferdiana
Menurut Ridi Ferdiana pengertian smartphoneadalah perangkat telepon seluler yang dilengkapi dengan berbagai fitur.  Dengan begitu, selain berbagai alat telekomunikasi, smartphonejuga dapat digunakan untuk keperluan bisnis oleh pengusaha dan masyarakat umum.

2.2 Sistem Operasi dan Fitur Smartphone
Seperti halnya pada komputer atau laptop, sebuah smartphonemembutuhkan Operating System(OS) agar bisa bekerja sebagai mana mestinya.  Berikut ini adalah beberapa OS smartphone:
1.     iOS
2.     Android
3.     Windows Phone
4.     Blackberry
5.     Bada
6.     Firefox OS
7.     MeeGo OS
8.     Palm
9.     Symbian
10.   Ubuntu
11.   Tizan
Dari sekian banyak OS smartphoneyang digunakan, OS yang paling populer adalah Android, iOS, Windows Phone, danBlackberry.  Namun secara keseluruhan smartphone Androidlah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
            Sebuahsmartphoneumumnya dilengkapi dengan berbagai fitur canggih agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan.  Beberapa fitur tersebut seperti:

1.    Telepon
2.    SMS
3.    Kamera
4.    Pemutar musik dan video
5.    Internet
6.     Editing Document
7.     Ebook Viewer
8.    AplikasiGame
9.    Dan lain-lain
Kita juga bisa menambahkan fitur lainnya yang dibutuhkan pada sebuah smartphonedengan menginstal aplikasi tertentu ke dalamnya.
2.3 Jenis-jenis Smartphone
            Beberapa jenis smartphonedapat dibadakan berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis smartphoneberdasarkan bentuknya:
1.     Handphone
Smartphoneberbentuk handphoneadalah yang paling banyak digunakan karena bentuknya yang lebih kecil dan ringkas dibawa kemana saja.
2.     iPhone
Ini adalah smartphoneberbentuk handphoneyang dikeluarkan oleh Apple. Scara garis besar fiturnya sama dengan handphone smartphonepada umumnya.
3.     Tablet
Tablet merupakan smartphoneyang bentuknya lebih lebar dan terlihat seperti buku. Layarnya lebih lebar dibandingkan dengan handphonedan seringkali dilengkapi dengan mini keyboardjika dibutuhkan. Biasanya tablet sangat jarang digunakan untuk telepon.  Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan earphoneagar bisa nyaman menggunakanya.
4.     iPad
iPadadalah istilah untuk tablet yang dikeluarkan oleh brand Apple.
5.     Smartwatch
Smartwatchadalah sebuah jam tangan pintar yang terhubung dengan internet dan perangkat lain, misalnya smartphone.  Smartwatchdilengkapi dengan fitur GPS, Email, Telephone, SMS, dan prediksi cuaca. 
6.     iWatch
iWatchadalah produk jam tangan pintar yang dikeluarkan oleh brand Apple.  Produk ini hanya bisa terhubung dengan produk iPhone.
            
2.4 Siswa SMP
                        Siswa SMP merupakan pelajar yang duduk di Sekolah Menengah Pertama yang belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan .  Secara umum siswa adalah mereka yang secara khusus diserahkan oleh orang tuanya untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketrampilan, berpengalaman, berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri. 

2.5 Penggunaan Smartphonebagi Siswa SMP Labschool Jakarta
                   SMP Labschool Jakarta yang berlokasi di jalan Pemuda kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur, bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta). Labschool Jakarta popuer di kalangan masyarakat dengan sebutan Labsraw.
                   Dalam aturan tata tertibnya disebutkan bahwa siswa SMP Labschool Rawamangun tidak diperkenankan membawa smartphoneke sekolah supaya kegiatan belajar mengajar tidak terganggu.
                   Dengan perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kepada siswa untuk memperoleh informasi secara mudah dan cepat yang semuanya sudah dapat diakses secara online.  Namun penggunaan smartphoneyang semakin meluas tentu saja tidak lepas dari dampak positif maupun dampak negatif bagi penggunanya. 

2.6 Dampak Positif dan Dampak Negatif Penggunaan Smartphone
                   Indonesia memang menjadi salah satu target utama para produsen produk elektronik termasuksmartphone, karena jumlah populasinya yang tinggi dan sifat konsumennya yang cenderung konsumtif menjadi latar belakang bagi para perusahaan. 
                   Menurut badan WorldPanelyang mensurvei tentang karakter konsumen di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia memang cenderung menyukai hal-hal yang berbau digital dan perkembangan teknologi baru yang disesuaikan dengan kepribadian masing-masing. Tidak heran jika saat ini para produsen produk teknologi elektronik termasuk smartphoneberlomba-lomba untuk menjangkau target marketnya dengan membuat produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan tersebut. 
                   Smartphonesudah dimiliki oleh hampir setiap orang di semua kalangan, dimulai dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia pun sudah menggenggam telepon ini. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kepada masyarakat untuk memperoleh informasi secara mudah dan cepat yang semua sudah dapat diakses secara online.  Namun penggunaan smartphoneyang semakin meluas tentu saja tidak lepas dari dampak positif maupun dampak negatif bagi penggunanya, terutama bagi pelajar.

     2.6.1 Dampak Positif
     Berikut ini dampak positif dari kemajuan teknologi smartphone:
1.     Sebagai alat komunikasi jarak jauh, smartphonemenjadi andalan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya.  Hal ini bisa mempermudah siswa untuk mengkoordinasi dengan teman-temannya bila ingin belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama.
2.     Smartphonediciptakan untuk memudahkan kehidupan, dan sudah tebukti bahwa hidup siswa pun memang cukup terbantu oleh keberadaaan smartphone.  Misalnya, di luar jam sekolah, siswa bisa berkomunikasi dengan temannya untuk menanyakan materi tugas atau PR tanpa harus keluar rumah yang bisa menghabiskan banyak waktu.
3.  Smartphonebisa menyimpan suatu data dan mudah dibawa kemana-mana, ini tentu sangat berguna.  Manfaat smartphonebagi siswa berdasarkan hal ini, yaitu siswa bisa mencatat materi pelajaran dan bisa menghapalnya di mana pun dan kapan pun.
4.  Pengaruhsmartphoneterhadap prestasi belajar siswa tak hanya dalam bidang pelajaran.  Smartphonememiliki fitur-fitur hiburan, seperti music (MP3)atau game. Fitur ini bisa menghibur para siswa yang mungkin penat saat belajar.  Dengan demikian otak siswa akan kembali segar dan mampu menampung materi pelajaran dengan baik.
5.     Dengan fasilitas internet di smartphone, dapat memudahkan siswa untuk mencari informasi tentang materi pelajaran.
6.     Siswa tidak gagap teknologi.  Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologi dunia dan dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi, dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.
7.     Menambah wawasan
Dengan adanya gadget, menambah wawasan yang baru dan terus update terutama berita yang setiap hari terus update dan sangat baik untuk pelajar.

2.6.2 Dampak Negatif
1.      Menurunkan konsentrasi
       Konsentrasi adalah tingkat perhatian kita terhadap sesuatu. Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar dari guru. Seharusnya seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali smartphonemenyita sebagian besar waktu siswa. 
2.      Malas belajar
                        Anak-anak yang sudah kecanduan smartphone, maka setiap saat yang dilakukannya hanyalah bermain smartphone. Jika kemana-mana tidak ada smartphone, maka rasanya tidak lengkap. Pada saat belajar pun, siswa seringkali menghadapi buku dengan dampingan smartphone. Pada awalnya smartphonedigunakan untuk mendengarkan musik untuk merefreshing pikiran, tetapi ketika ada yang mengirim berita atau menelpon, maka mulai saat itulah mereka berpindah kegiatan. 


3.     Pemborosan
                   Dengan mempunyai smartphone, makan pengeluaran akan bertambah, apalagi kalau digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. 
4.       Membuat kerja otak menjadi lambat
                        Salah satu penelitian tentang dampak negatif smartphonedikatakan bahwa penggunaan smartphonebisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia, yakni melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yaitu lemot (lemah otak).
5.       Rawan terhadap tindak kejahatan
             Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.
6.       Membuat ketagihan
             Perangkat telepon seluler pintar ini begitu mudah membuat pemiliknya merasa kecanduan
7.       Mengganggu tidur
             Dengan layanan internet 24 jam, perangkat smartphoneakan bergetar atau bordering setiap saat, ketika ada email dan pesan singkat masuk.  Dan setiap saat pula, pengguna akan memainkansmartphone-nya, termasuk ketika sudah berada di tempat tidur.
8.       Mengganggu perkembangan anak
             Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di smartphoneseperti kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa karena tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, miscalldari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Jika smartphonedibawa ke sekolah mereka tergoda untuk bermain game saat guru menjelaskan pelajaran. 
9.       Efek radiasi
             Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan smartphonejuga berakibat buruk terhadap kesehatan, khusus bagi pelajar sebaiknya jangan diberi kesempatan menggunakan smartphonesecara permanen.
10.      Meningkatnya video porno dan kata-kata tidak senonoh
             Akibat yang sangat berbahaya oleh siswa adalah jika smartphone digunakan untuk tujuan yang menyimpang seperti mengisi video porno ke dalam handphone dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh.
11.      Fitur hiburan pada smartphone juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa.  Misalnya, MP3, siswa bisa saja lebih suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harus belajar.  Selain MP3, ada game yang juga bisa membuat siswa lebih suka menuntaskan bermain game daripada menuntaskan tugas sekolah.


2.7 Hasil Penelitian Dampak Smartphoneterhadap Siswa-siswi SMP Labschool Jakarta
             Dalam teknik pengumpulan data dan analisis dalam penelitian, penuls menggunakan kuesioner (angket).  Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya (Sugiyono, 2010: 199).
             Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Labschool Jakarta.  Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 173 responden. Berdasarkan angket yang didapatkan dari 173 responden mengatakan bahwa:
1.    Apakah Anda memiliki Smartphone?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
165
95%
Tidak
8
5%
Total
173
100%
              Tabel 2.1 JumlahSmartphone yang dimiliki responden

2.     Apakah anda mendahulukan melihat smartphonedaripada mengerjakan tugas?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
105
61%
Tidak
68
39%
Total
173
100%
Tabel 2.2 Perbandingan mendahulukan Smartphonedan mengerjakan tugas

3.    Apakah Anda merasa cemas ketika TIDAK menggunakan smartphone?

Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
85
49%
Tidak
88
51%
Total
173
100%
Tabel 2.3 Timbul perasaan cemas ketika tidak menggunakan smartphone

4.     Apakah Anda biasa menggunakan smartphonelebih dari 2 jam pada hari sekolah sehingga melupakan kegiatan lain (contoh: lupa solat, telat makan, lupa pekerjaan rumah, dll) 
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
76
44%
Tidak
97
56%
Total
173
100%
Tabel 2.4 Penggunaan Smartphonelebih dari 2 jam pada hari sekolah yang dapat melupakan kegiatan lain


5.     Apakah penggunaan smartphoneberpengaruh positif terhadap prestasi belajar kalian?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
124
72%
Tidak
49
28%
Total
173
100%
Tabel 2.5 Pengaruh positif Smartphoneterhadap prestasi belajar siswa


6.     Apakah orang tua anda membatasi penggunaan smartphonedi rumah?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
119
69%
Tidak
54
31%
Total
173
100%
Tabel 2.6 Pembatasan waktu penggunaan Smartphonedi rumah oleh orang tua

7.    Media sosial apakah yang Anda sering pakai untuk berkomunikasi dengan sesama teman?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Line
87
50%
Instagram
65
38%
Whatsapp
9
5%
Lainnya
12
7%
Total
173
100%
Tabel 2.7 Jenis-jenis media sosial yang digunakan siswa SMP Labschool

8.    Apakah smartphonesangat membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas sekolah? (contoh: mencari informasi jawaban atau informasi tambahan di Google)
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Ya
166
96%
Tidak
7
4%
Total
173
100%
Tabel 2.8 Peranan Smartphonedalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas sekolah

9.    Mana yang anda lebih suka: bermain bersama teman/tetangga atau bermain game di Smartphone?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah Responden
Persentase
Bermain bersama teman/tetangga
98
57%
Bermain Game di Smartphone
75
43%
Total
173
100%
Tabel 2.9 Kegiatan yang lebih disukai oleh responden antara bermain bersama teman/tetangga atau bermain game di smartphone

2.8 Pembahasan Angket Dampak Smartphoneterhadap Siswa-siswi SMP Labschool Jakarta
1.Smartphonedimiliki oleh mayoritas siswa
            Dari pertanyaan tentang kepemilikan smartphoneoleh siswa, hasil angket menunjukkan bahwa 95% siswa memiliki smartphone. Hal ini menunjukkan bahwa smartphonemerupakan kebutuhan di kalangan siswa.
            
           2. Memprioritaskan penggunaan smartphonedaripada mengerjakan    tugas
           Hasil angket membuktikan bahwa 61% jumlah responden lebih memilih melihat smartphonedari pada mengerjakan tugas. Hal ini menunjukkan bmahwa siswa malas belajar ketika menggunakan smartphone.

3.    Tingkat kecemasan ketika siswa tidak menggunakan
smartphone
Sebanyak 51% responden menyatakan bahwa mereka tidak cemas ketika tidak menggunakan smartphone. Hal ini menunjukkan reaksi positif ketika smartphonemereka tidak bisa digunakan, mereka bisa beralih ke hal lain. Misalnya jika ada tugas dan mereka harus mencari informasi melalui internet, pada saat smartphone tidak bisa digunakan, mereka bisa bertukar pendapat dengan orang tua atau teman. 

4.    Penggunaan smartphonelebih dari 2 jam pada hari sekolah sehingga melupakan kegiatan lain (contoh: lupa solat, telat makan, lupa pekerjaan rumah, dll) 
Atas pertanyaan ini, sebanyak 56% responden menyatakan bahwa mereka tidak melupakan kegiatan seperti meninggalkan solat, tidak makan, dan lupa mengerjakan pekerjaan rumah ketika menggunakan smartphone. Hal ini membuktikan bahwa siswa bisa membagi waktu dengan benar.

5.    Pengaruh smartphoneterhadap prestasi belajar siswa
Jawaban dari pertanyaan di atas sebanyak 72% responden mengaku bahwa smartphoneberpengaruh positif terhadap prestasi belajar mereka. 

6.    Pembatasan waktu penggunaan smartphonedi rumah oleh orang tua
Hasil angket membuktikan bahwa sebanyak 69% responden menyatakan bahwa orang tua mereka membatasi penggunaan smartphonedirumah. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua menginginkan anakknya untuk lebih serius belajar dan memanfaatkan smartphoneseperlunya.

7.    Jenis-jenis media sosial yang paling banyak digunakan siswa SMP Labschool Jakarta
Hasil angket menunjukkan mayoritas siswa (50%)  lebih sering menggunakan aplikasi LINE. LINE merupakan media komunikasi dan informasi yang sangat diperlukan bagi siswa.

8.    Peranan smartphonedalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas sekolah
Sebanyak 96% responden setuju bahwa smartphonesangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas. Hal ini membuktikan bahwa siswa membutuhkan informasi dari internet misalnya googleyang menyimpankan banyak informasi sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya.

9.    Kegiatan yang lebih disukai oleh responden antara bermain bersama teman/tetangga atau bermain game di smartphone
Berdasarkan hasil angket terdapat 57% responden mengatakan bahwa mereka lebih memilih bermain bersama teman atau tetangga dibandingkan dengan bermain game di smartphone. Hal ini menunjukkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang lebih senang berinteraksi langsung dengan sesamanya dibandingkan hanya berinteraksi di dunia maya.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
S
Saat ini smartphonesudah tidak menjadi sesuatu yang asing lagi untuk semua orang. Smartphonepun sudah menjadi kebutuhan hidup bagi semua orang termasuk pelajar, karena bermanfaat dalam memudahkan komunikasi, mendapatkan informasi, mempermudah pengerjaan tugas sekolah, serta mencari hiburan.
Berdasarkan hasil penelitian penulis dengan menggunakan angket, maka dapat disimpulkan dampak negatif dari pengguanan smartphone di kalangan para siswa SMP Labschool adalah siswa mementingkan melihat smartphoneterlebih dahulu daripada mengerjakan tugas sekolah yang merupakan kepentingan utama.

3.2 Saran
Sehubungan dengan masalah dalam karya tulis ini, maka penulis menyarankan sebagai berikut:
3.2.1     Siswa seharusnya bijaksana dalam menggunakan smartphone, sehingga penggunaan smartphonesesuai dengan keperluannya yang menunjang proses pembelajaran.
3.2.2     Siswa menonaktifkan smartphonepada malam hari sehingga bisa beristirahat dengan cukup.   
3.2.3     Siswa mencoba untuk menghentikan kebiasaan atau keinginan terus memeriksa smartphone-nya.
3.2.4     Pihak orang tua diharapkan terlibat dalam pengawasan pemakaian smartphoneyang digunakan anaknya terutama pada hari-hari sekolah sehingga waktu tidak terbuang untuk hal-hal yang tidak berguna. 






                        












DAFTAR PUSTAKA

Aditya, Rizky. 2016.  Manfaat Smartphone bagi Pelajar. blickmedia.net.  (Diakses pada Minggu, 20 Januari 2019, Pukul 15.36 WIB)
Bugiardo, Dian. 2015.  Berkomunikasi ala Net-Generation. Jakarta: Kompas Gramedia
Candra.  2017.  Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Smartphone. dutasparepart.co.id.  (Diakses pada Kamis, 24 Januari 2019, Pukul 20.07 WIB)
Dwi, Agus.  2018.  Sejarah Handphone : Perkembangan Handphone dari Masa ke Masa.  foldertekno.com.  (Diakses pada Rabu, 9 Januari 2019, Pukul 17.05 WIB)
Multatisari, Tetra. 2015.  Teknologi Smartphone. tetramultatisari.blogspot.com. (Diakses pada Minggu, 20 Januari 2019, Pukul 10.14 WIB)
Musfiroh,  Ayu.  2017.  Apa itu Smartphone dan Perbedaannya dengan Handphone.  mastekno.com.  (Diakses pada Jumat, 18 Januari 2019, Pukul 14.56 WIB)
Saomi, Fibriwati. 2016.  Pengaruh Smartphone bagi Kehidupan Pelajar.  kompasiana.com.  (Diakses pada Rabu, 27 Februari 2019, Pukul 17.01 WIB)
Veronika.  2017.  Dampak Positif dan Negatif Handphone Perlu Anda Ketahui.  klubwanita.com.  (Diakses pada Rabu, 23 Januari 2019, Pukul 20.30 WIB)


LAMPIRAN
Description: Yosemite:Users:ranisiswanto:Desktop:Screen Shot 2019-03-19 at 8.26.14 PM.png



Description: Yosemite:Users:ranisiswanto:Desktop:Screen Shot 2019-03-19 at 8.26.29 PM.png



Description: Yosemite:Users:ranisiswanto:Desktop:Screen Shot 2019-03-19 at 8.27.50 PM.png

Description: Yosemite:Users:ranisiswanto:Desktop:Screen Shot 2019-03-19 at 8.47.00 PM.png











No comments:

Post a Comment